Senin, 03 Februari 2020

Karya Tulis Ilmiah Tentang Pendidikan Karakter

Karya Tulis Ilmiah Tentang Pendidikan Karakter

Pendidikan Karakter
Permainan Tradisional

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

     Permainan atau disebut juga dengan dolanan tradisional memiliki karakteristik yang memiliki dampak positif bagi perkembangan anak. Kata bermain untuk anak adalah refleksi pembebasan jiwa dari keterkaitan dengan aturan orang tua.
Ketika anak bermain, ia akan mengekspresikan kegembiraan hatinya serta berkomunikasi dengan teman sebayanya. Sehingga, anak bisa belajar bersosialisasi dan juga bergaul dengan lingkungan sekitarnya.

2. Rumusan Masalah
  • Apa pengertian dolanan tradisional?
  • Apa pengaruh dolanan tradisional didalam membentuk karakter anak?
3. Tujuan Penelitian
     Untuk mengetahui pengertian dari dolanan tradisional dan juga pengaruhnya terhadap karakter anak.

BAB II
PEMBAHASAN

1. Dolanan Tradisional
    Kata dolanan adalah suatu kata yang diambil dari bahasa Jawa. Kata dolanan yaitu mempunyai arti mainan atau juga permainan. Sedangkan kata tradisional merupakan cara berpikir dan juga tingkah laku yang sesuai dengan adat dan sudah ada sejak zaman dahulu kala.
Dolanan anak disebut juga sebagai simbbolisasi pengetahuan yang secara turun temurun sejak dahulu kala dan juga mempunyai berbagai macam fungsi didalamnya.

2. Pendidikan Karakter
     Secara sederhana, pendidikan karakter adalah segala usaha yang bisa dilakukan untuk memengaruhi karakter para siswa. Usaha tersebut dilakukan supaya seseorang bisa memahami pentingnya karakter yang positif didalam diri.
      Pendidikan karakter menurut Thomas Lickona yaitu pendidikan tentang sikap yang meliputi ilmu sampai tindakan. Tidak hanya itu, perasaan juga termasuk ke dalam pendididkan karakter.

BAB IV
PENUTUPAN
Kesimpulan
     Dolanan tradisional tidak hanya sekedar permainan yang akan memberikan efek gembira. Banyak manfaat yang ada di dolanan tradisional. Dianatara manfaatnya yaitu membuat otak semakin cerdas dan pintar.
     Dolanan tradisional anak juga dapat membentuk karakter anak seperti meningkatnya kerja sama dengan orang disekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESEP MENJADI PENULIS

Resep Belajar Menjadi Penulis Pelajara yang saya peroleh dihari kedua ini membuat saya menjadi lebih semangat lagi utuk menuli s ...